KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN CODEIGNITER

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN CODEIGNITER

Dipostingan sebelumnya sudah di bahas mengenai apasih Codeigniter itu. Sekarang aku jelasin ya kegunaan menggunakan codeigniter yang lagi booming diantara para programmer.



1.       Codeigniter adalah open source (free)
Siapa sih yang gak suka gratisan? Apalagi aplikasi hehe. Nah Codeigniter adalah framework yang gratis untuk digunakan dan dapat dikembangkan secara legal. Codeigniter berlisensi Apache/BSD-style open source yang memperbolehkan penggunaan dari framework ini sesuai keinginan kita. Ini adalah salah satu keunggulan yang paling nyata sangat menguntungkan user yang menggunakannya

2.       Codeigniter sangat ringan jika dijalankan pada semua platform.
Codeigniter ringan dijalankan pada berbagai platform. System utama dari codeigniter hanya memerlukan sedikit ruang pada server untuk membentuk sebuah class library. Ini yang membedakan codeigniter dengan framework-framework sejenisnya. Class library tambahan hanya digunakan ketika diminta oleh pengguna, sehingga hanya dipakai ketika diperlukan. Ini yang menyebabkan Codeigniter sangat ringan jika dijalankan.

3.       Codeigniter menggunakan M-V-C
Codeigniter menggunakan model M-V-C framework, mode M-V-C adalah singkatan untuk “Model-View-Controller”. Model Framework ini dapat mempermudah pembedaan antara tampilan dan program. Ini secara khusus sangat baik untuk suatu proyek dimana desainer bekerja dengan file template yang akan memperkecil banyaknya kode di setiap template karena sudah dipisahkan dengan baik.  Kita akan mempelajari model “MVC” lebih jauh.

4.       Codeigniter menciptakan URL yang friendly.
URL yang diciptakan oleh Codeigniter sangat rapi dan friendly untuk search engine yang ada. Pada awalnya akan terbentuk index.php setelah nama domain, tapi ini dapat dihilangkan menggunakan .htaccess

5.       Codeigniter dikemas dalam sebuah framework
Codeigniter dikemas dalam kumpulan class dalam sebuah library yang cukup lengkap yang dapat menunjang proses pembuatan web, seperti mengakses database, mengirim emailm validasi form data, membuat sessions, memanipulasi gambar, bekerja dengan XML-RPC dan banyak lagi.

6.       Fungsi pada Codeigniter dapat ditambahkan
fungsi-fungsi pada sistem Codeigniter sangat mudah ditambahkan dengan bantuan library plugins dan helper.

7.       Codeigniter mempunyai dokumentasi (user guide) yang lengkap
Codeigniter mempunyai dokumentasi yang sangat rapi dan sangat jelas. Sehingga dengan adanya dokumentasi ini akan banyak membantu para programmer pemula yang ingin mempelajari framework Codeigniter.

8.       Codeigniter mempunyai komunitas pengguna yang besar.
Codeigniter merupakan sebuah framework yang mempunyai komunitas yang sangat besar. Dengan adanya komunitas ini juga dimungkinkan untuk sharing ilmu tentang Codeigniter dari satu pengguna ke pengguna codeigniter lainnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAMU MAIN HAYDAY? BIAR CEPET NAIK LEVEL INI TIPS DAN TRIKNYA !

KENALAN SAMA SI JAVA YUK? APA ITU JAVA?

MENGENAL CODEIGNITER YANG LAGI BOOMING